BISNIS
Bisnis
menurut definisi secara umum adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh perorangan
maupun organisasi yang melibatkan aktivitas produksi, penjualan, pembelian, maupun pertukaran barang/ jasa,
dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan atau laba.
Kata
“bisnis” berasal dari bahasa Inggris, yaitu “business” yang artinya kesibukan.
Dalam konteks sederhana, yang dimaksud dengan kesibukan adalah melakukan suatu
aktivitas atau pekerjaan yang memberikan keuntungan pada seseorang.
Penggunaan kata “bisnis”
dapat dibedakan menjadi tiga, tergantung skupnya. Kata bisnis dapat merujuk
pada:
Badan
Usaha, yaitu kesatuan Yuridis, teknis, dan ekonomis untuk
mencari keuntungan.
Sektor
Pasar Tertentu, misalnya pasar Modal.
Seluruh
aktivitas pada komunitas produsesn barang dan jasa.
TIK
(Teknologi Informasi dan Komunikasi)
Teknologi
Informasi dan Komunikasi mempunyai definisi secara umum payung besar
triminologi yang mencakup semua keperluan teknis untuk memperoses dan
menyampaikan sebuah informasi, TIK memiliki dua aspek, yaitu teknologi
informasi dan teknologi komunikasi.
Teknologi
informasi menliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, pemakian sebagai
alat bantu, pengelolaan informasi, serta manipulasi informasi. Teknologi
komunikasi merupakan semua hal yang berkaitan dengan pemakaian alat bantu untuk
memperoses serta mentransfer dara dari perangkat satu ke perangkat lainnya.
BISNIS
INFORMATIKA
Bisnis
Informatika mempunyai defines secara umum yaitu suatu kegiatan yang dilakukan
individu atau sekelompok orang yang memiliki nilai (value) dengan tujuan
mendapatkan keuntungan (profit) yang dilakukan dengan bantuan teknologi
informasi. Yang dimaksud teknologi informasi disini mencakup semua hal yang
berkaitan dengan teknologi informasi, seperti internet. Bisnis informatika
berkembang dengan pesat akhir – akhir ini seiring dengan berkembang pesatnya
pula teknologi informasi. Karena Bisnis Informatika muncul karena adanya
peluang yang terdapat di dalam suatu teknologi informasi.
Tidak
dapat di pungkiri sekarang internet sudah mengalami pergeseran kebutuhan di
dalam masyarakat. Yang dahulu Internet merupakan suatu kebutuhan pelengkap atau
masih merupakan kebutuhan yang “mewah” bagi sebagian masyarakat, sekarang
menjadi suatu kebutuhan sekunder ataupun kebutuhan primer. Karena sekarang kita
dapat semakin mudah dan murah untuk mendapatkan akses internet. Hal ini tidak
lepas dari semakin berkembangnya teknologi informasi.
sumber
:
BISNIS
INFORMATIKA (Shopee)
Shopee adalah suatu platform perdagangan elektronik yang
berkantor pusat di Singapura di bawah SEA Group (sebelumnya dikenal sebagai
Garena), yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li. Shopee pertama kali
diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya
ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Karena elemen
mobile yang dibangun sesuai konsep perdagangan elektronik global, Shopee
menjadi salah satu dari "5 startup e-commerce yang paling disruptif"
yang diterbitkan oleh Tech In Asia.
Shopee
sendiri dipimpin oleh Chris Feng. Chris Feng adalah salah satu mantan pegiat
Rocket Internet yang pernah mengepalai Zalora dan Lazada.
Selain
perdagangan elektronik shopee juga menyediakan pembayaran tagihan, pulsa dan
tiket. Untuk pembayaran tagihan shopee meliputi Listrik PLN, BPJS, Telkom,
PDAM, Angsuran Kredit. Sedangkan untuk tiket shopee menyediakan Tiket Kerta
Api, Pesawat dan Bus, Bukan hanya itu juga yang disediakan shopee, shopee juga
menyediakan fitur Donasi, Zakat dan Pinjaman Modal. Untuk pinjaman modal
sendiri shopee menyediakan hanya untuk penjual yang ikut serta dalam platform
shopee
Selain
berbicara di konteks perdagangan shopee juga menyediakan dompet tersendiri
yaitu bernama “ShopeePay”. ShopeePay dompet shopee yang apabila saldo kita didalam
shopee tidak terpakai bias untuk ditarik melalui rekening bank yang kita
daftarkan
Kelebihan
-
Flash sale yang harganya terjangkau
-
Sebagian penjual dari luar negeri sehingga
harganya lebih terjangkau
-
ShopeePay layanan milik shopee
Kekurangan
-
Sebagian barang palsu dan jauh berbeda dengan
harga aslinya
-
Tidak ada pendeteksi bahwa penjual barang
palsu dan barang palsu
-
Bug pada pembuka aplikasi sedikit lama
sumber
:
Perkembangan
Bisnis Informatika di Indonesia dan Dunia
Perkembangan Bisnis Informatika di Indonesia dilihat dari
peminat penduduk Indonesia terlihat perkembangannya sangat pesat dan drastis,
dan kita ambil saja contoh dari e-commerce shopee dan tokopedia, platform
tersebut sangat cerdik dalam mengelola strategi bisnisnya, dilihat Shopee
menawarkan flash sale yang mempunyai harga sangat terjangkau dan untuk
Tokopedia platform tersebut mengadakan cash back yang lumayan besar.
Sedangkan untuk Perkembangan Bisnis di Dunia platform
e-commerce ada 7 Situs E-Commerce Raksasa, diantaranya Alibaba, Amazon, Ebay,
Shopify, Lazada, Taobao dan Ali Express, 7 e-commerce tersebut berkembang lebih
pesat dibanding Indonesia karena keberaniannya mencakup seluruh dunia, jadi
jika kita mempunyai keinginan untuk membeli barang dan barang tersebut tidak
ada di negara kita maka bisa membeli dari e-commerce tersebut.
Sumber :
No comments:
Post a Comment